Senin 07 Jan 2013 09:10 WIB

Kosmetik Berbahaya Masih Ditemukan di DIY

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Kosmetik berbahaya
Kosmetik berbahaya

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya masih di temukan di Yogyakarta maupun wilayah lain di Indonesia.

"Produk tersebut adalah larutan pemutih wajah bermerek Babyface Solution yang mengandung hidrokinon, krim wajah Ling Zhi, dan racikan Whitening Super Dokter yang telah positif mengandung merkuri," ujar Kepala Seksi Penyidikan BBPOM Yogyakarta Bagus Heri Purnomo, Senin (7/1).

Produk yang ditemukan beredar di Yogyakarta tersebut sudah termasuk dalam public warning yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Pusat.

Menurut dia, hasil penyelidikan dan pengawasan yang dilakukan BBPOM Yogyakarta pada akhir 2012  ditemukan  sekitar 1.600 items produk kosmetik yang sebagian tanpa izin edar dan hanya tiga produk yang positif mengandung bahan berbahaya hidrokinon dan merkuri. Selebihnya bermasalah karena tanpa izin.

Diakui Bagus, dari tahun ke tahun masih saja ditemukan kosmetik mengandung bahan berbahaya karena pihaknya belum bisa menemukan pelaku utamanya. Biasanya distribusinya dilakukan lewat sales freelance yang menawarkan secara langsung dari pintu ke pintu.

Sehingga sampai saat ini yang bisa mendapat sanksi baru pengecernya. Sementara distributornya kemungkinan tidak di Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement