Ahad 06 Jan 2013 17:37 WIB

Blusukan SBY Contoh Bagi Kader Partai

Rep: Esthi Maharani/ Red: Dewi Mardiani
Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono di Tangerang, Banten.
Foto: Republika/Esthi Maharani
Presiden SBY dan Ibu Ani Yudhoyono di Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Blusukan yang dilakukan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dinilai bisa menjadi contoh yang baik bagi para kader Partai Demokrat. Meskipun aksi itu dalam konteks SBY menjalankan tugasnya sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

Wakil Sekjen PD, Ramadhan Pohan, mengatakan SBY memberikan contoh dan perintah kepada kadernya untuk turun ke masyarakat. “Itu (turun ke masyarakat) sudah menjadi perintah Pak SBY,” katanya saat dihubungi, Ahad (6/1).

Ia mengatakan para kader saat ini memang sedang gencar-gencarnya turun ke masyarakat. Mereka, lanjutnya, ingin ikut memastikan program pro rakyat yang dicanangkan pemerintah sejauh apa menyentuh masyarakat. “Itu yang sudah kami lakukan, saya sendiri dalam dua bulan terakhir sudah ke 90 titik. Belum lagi kader-kader yang lain,” katanya.

Ramadhan juga mengatakan aksi SBY blusukan ingin melihat persoalan dan program pemerintah yang tidak berjalan seperti yang digariskan dan ditata. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Indonesia bagus, tetapi perspektif lapisan bawah nyatanya masih ada yang bolong-bolong. “Itu yang mau diperbaiki,” katanya.

Ia menolak jika aksi itu disebut-sebut baru belakangan dilakukan. SBY, lanjutnya, sudah blusukan jauh sebelum dirinya menjadi presiden. Waktu menjadi presiden di 2004 pun gaya blusukan itu sudah dilakukan. “Jadi, kedekatan dengan rakyat itu sudah berlangsung lama. Itu sebabnya pula ia terpilih lagi di 2009,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement