Sabtu 05 Jan 2013 20:47 WIB

Ratusan Tukang Becak di Yogya Periksa Gigi Gratis

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Chairul Akhmad
Seorang tukang becak melintas di Jalan Malioboro, Yogyakarta.
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
Seorang tukang becak melintas di Jalan Malioboro, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Ratusan tukang becak yang biasa beroperasi di kawasan Malioboro dan Pasar Beringhardjo, Yogykarta, mendapat pelayanan kesehatan gigi gratis, Sabtu (5/1).

Pelayanan meliputi konsultasi, pemeriksaan, pengobatan, penambalan, dan pencabutan gigi.

Kegiatan yang melibatkan 55 tenaga medis  diselenggarakan dalam rangka Dies ke-7 Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Prof Soedomo Fakultas Kedokteran Gigi UGM, bekerjasama dengan DPRD DIY dan BMT Beringhardjo.

Pemeriksaan gigi menggunakan ruang lobi yang biasanya berfungsi untuk menggelar rapat audiensi. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian RSGM masyarakat Yogya terutama kalangan bawah.

''Tukang becak itu kan termasuk penunjang pariwisata Yogya, mereka harus sehat dan prima,'' ujar Direktur RSGM, Dr drg Ahmad Syaify kepada wartawan.

Dalam kegiatan kali ini, RSGM mengerahkan pula mobil khusus dilengkapi Dental Unit yang menyerupai ruang praktik dokter gigi. ''Di situ pasien akan mendapat layanan tambal dan cabut gigi layaknya di ruang praketk ber-AC,'' imbuh Direktur RSGM ini.

Ada sekitar 310 tukang becak yang telah dikoordinir oleh BMT Beringharjo yang  mendapat pelayanan gigi gratis. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 08.30 hingga 14.30 WIB agar  mereka bisa tetap bekerja. Selain itu, agar tidak terjadi antrean yang membludak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement