Kamis 03 Jan 2013 14:47 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Ingin Samai Changi

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono
Foto: Antara
Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembangunan moda transportasi kereta api yang akan dibangun menuju/ dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta dilakukan antara lain agar dapat menyamai layanan transportasi yang telah dibangun di Bandara Changi, Singapura.

"Nantinya seperti di Bandara Changi, di Bandara Soekarno-Hatta akan terdapat transportasi angkutan kereta tanpa awak yang akan menghubungkan antarterminal," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dalam acara 'Outlook 2013 Transportasi Indonesia' di Jakarta, Kamis (3/1).

Ia mengakui, meski pembangunan jalur kereta api menuju Bandara Soekarno-Hatta ditargetkan akan selesai pada 2014, tetapi kemungkinan hal tersebut belum selesai sepenuhnya tetapi dipastikan telah terdapat ada bagian yang akan sudah berfungsi.

Selain pembangunan jalur kereta Bandara Soekarno-Hatta, Wamenhub juga mengemukakan bahwa pada tahun ini juga akan dilakukan pembangunan jalur kereta lainnya seperti yang dilakukan di Bandara Kualanamu, Sumatera Utara. "Saya menyebut tahun 2013 ini sebagai tahun percepatan pembangunan karena begitu banyak konstruksi yang dijalankan," katanya.

Bambang Susantono juga menyebutkan, beragam perkembangan kota di luar Jawa sangat pesat seakan-akan ingin menyamai dengan kota-kota di pulau Jawa. Wamenhub memaparkan, sekitar 90 persen area perkotaan yang jumlah Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB)-nya tumbuh lebih dari tujuh persen berada di luar Jawa.

Sebelumnya, pemerintah menargetkan pembangunan jalur commuter line menuju Bandara Soekarno Hatta mulai beroperasi awal 2014.

"Kami berkoordinasi menjaga supaya awal 2014 target tercapai dengan beroperasinya kereta api ke bandara Soekarno Hatta, Cengkareng," kata Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono di sela-sela diskusi bertajuk 'Mengurai Kemacetan Jakarta' di Jakarta, Jumat (14/12).

Menurut dia, jalur kereta api dari Jakarta hingga Tangerang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Dengan dibangunnya jalur kereta api tersebut, transportasi dari tengah kota menuju Bandara Soekarno Hatta nantinya bisa menggunakan moda angkutan kereta api.

Jalur commuter dari Bandara Soekarno Hatta itu akan terhubung dengan jalur commuter di tengah kota seperti Stasiun Manggarai dan Sudirman. "Jalur kereta Manggarai - Sudirman dan Bandara Soekarno Hatta itu merupakan satu paket," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement