Selasa 01 Jan 2013 12:51 WIB

Sampah Plastik Dominasi Sisa Perayaan Tahun Baru

Rep: Alicia Saqina/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun telah berganti. Kini hari pertama di 2013, dimulai. Namun ada yang tertinggal dari riuh-rendahnya pesta perayaan pergantian tahun semalam, Senin (31/12). Ya, sampah. Di mana ada keramaian atau ada kerumunan orang, sampah pasti ada sebagai efek yang ditimbulkannya.

Berdasarkan pantauan Republika, sampah-sampah sisa pesta perayaan pergantian tahun, masih tampak, seperti contoh, di pusat atau titik-titik keramaian di sekitar Tugu Monumen Nasional (Monas), Selasa (1/1) siang.

Di wilayah ini, sampah-sampah berupa plastik sisa makanan tampak mendominasi. Bila melintasi sekitaran monas, mulai dari Jalan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, sampah ini mulai terlihat. Selain sampah plastik, botol-botol plastik bekas air mineral dan minuman instan pun melengkapi jenis-jenis sampah yang ada.

Keberadaan sampah plastik ini pun, sepertinya tidak akan berkurang. Sebab, hari ini pengunjung yang mendatangi kawasan wisata Tugu Monas membludak. Pengunjung berdatangan dari berbagai penjuru. Ini terlihat dari banyaknya kendaraan, baik kendaraan pribadi maupun bus-bus wisata yang terparkir di area luar Tugu Monas.

Wisatawan pun datang, tidak tanggung-tanggung. Banyak pula yang berjalan kaki dan juga menggunakan TransJakarta. Beberapa lahan di sekitar Tugu Monas pun, dijadikan area parkir untuk sepeda motor.

Bila dilihat sampah-sampah plastik ini sungguh tidak sedap dipandang mata. Mereka mengotori ruas jalan. Satu hal yang mungkin membuat jengkel petugas kebersihan. Ya sampah-sampah itu melekat di aspal, menambah tugas para penyapu jalan. Sampah-sampah ini menempel, menggelap, warnanya coklat, membuat ruas protokol kusam.

Tidak hanya di sekitaran Tugu Monas, sampah-sampah plastik yang melekat di aspal jalan juga terlihat di sepanjang Jalan MH Thamrin. Sayangnya, di bagian ini mungkin belum terjamah tangan petugas. 

Namun demikian, ada pula sampah-sampah yang sudah selesai dirapikan petugas, terkumpul rapi di sudut-sudut jalan, disatukan di dalam kantong plastik besar. Hanya saja belum terangkut truk sampah.

Sementara, pantauan tentang kondisi yang serupa di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, ternyata tidak terlalu jauh berbeda. Selasa (1/1) siang, tampah sampah plastik, wadah mie instan, botol minuman plastik berserakkan di sekitar pos polisi Bundaran HI.

Sampah-sampah yang melekat di atas aspal pun, sama. Dampak yang ditimbulkan atas sampah yang melekat di jalan ini, membuat ruas jalan berwarna merah kecoklat-coklatan.

Namun begitu, petugas kebersihan tetap pada tugasnya. Di sepanjang Jalan MH Thamrin, mereka tetap terlihat bertugas. Hanya, ada beberapa yang beristirahat, rehat sejenak di bawah-bawah pohon di atas trotoar.

Sedangkan, arus lalu lintas di beberapa ruas Ibu Kota saat ini, tampak sangat lengang. Di jalan-jalan, Sama sekali tidak terlihat antrean ataupun tumpukan kendaraan. Ruas Sudirman-MH Thamrin, lancar tidak ada hambatan. 

Angkutan umum pun, semuanya sudah beroperasi seperti biasa. Petugas kepolisian pun, tetap pada tugas mereka. Mereka bertugas, memantau, dan mengatur lalu lintas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement