Senin 31 Dec 2012 09:36 WIB

Generasi Muda Diminta Tetap Hormati Orang Tua

Lansia (ilustrasi)
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Lansia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Generasi muda diimbau tetap memiliki rasa hormat, sopan, dan berbakti terhadap orang tua. Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho menyampaikan imbauan tersebut saat mengunjungi panti lanjut usia (lansia) Cengkeh Turi di Binjai, Sumatra Utara (Sumut), kemarin.

"Hormat dan sopan terhadap orang tua akan membawa berkah dan kesuksesan dalam kehidupan di dunia," katanya di Medan, Senin (31/12). Menurutnya, kalau seseorang pengasuh telah menganggap para kakek dan nenek sebagai orang tua sendiri, maka tidak akan ada rasa lelah fikiran dan fisik dalam mengasuhnya.

"Maka tolong tanamkan pemikiran bahwa mereka adalah orang tua kita. Saya yakin kakek dan nenek akan merasa senang dan nyaman maka hidup kita akan berkah dengan kenyamanan dan kesuksesan," ucap dia.

Gatot juga menyampaikan, tak ada kata kolot kalau kita menyayangi dan menghormati orang tua. Karena orang tua adalah figur yang patut dicontoh. "Tak seorang pun baik itu pejabat, yang mampu membalas jasa-jasa orang tua, mereka yang memelihara kita sejak lahir kedunia hingga sampai dewasa sudah wajar kalau kita membalas jasanya dengan menjaganya serta memelihara dan menyayanginya," ujar Gatot.

Ketua UPT Panti Asuhan lansia Cengkeh Turi, Umar melaporkan penghuni panti lanjut usia ini berjumlah 160 orang, yakni 72 laki-laki dan 88 orang perempuan. Selain itu, katanya, penghuni panti ini terdiri dari suku Jawa, Batak Mandailing, Melayu, India, Minang dan Aceh yang berasal dari seluruh kabupaten dan kota se-Sumut. "Mereka menghuni satu kamar dua orang yang bisa mandiri," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement