Jumat 28 Dec 2012 06:14 WIB

Tips Terhindar dari Kejahatan Penjualan Online

Ilustrasi jual beli online
Foto: IST
Ilustrasi jual beli online

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon pembeli harus selektif dan waspada saat berbelanja online karena semakin banyaknya pelaku kejahatan yang berniat mengambil keuntungan dari sistem penjualan ini.

"Calon pembeli yang berbelanja melalui situs penjualan online harus memastikan situs internet yang dikunjungi benar. Ini sebagai langkah awal mencegah penipuan di dunia maya," kata Business Manager Trend Micro, Aulia Fajar Huriadi, seperti dikutip Antara.

''Kesalahan mengetik satu karakter di alamat internet bisa menyebabkan calon pembeli terhubung dengan situs yang mirip namun digunakan untuk menipu,'' katanya.

Ketelitian ini berlaku juga saat melakukan pembayaran secara online. Calon pembeli harus memastikan transaksi pembayaran dilakukan melalui situs pembayaran yang sudah terjamin keamanannya.

Dia mengimbau calon pembeli untuk mewaspadai berbagai penawaran melalui email atau penawaran melalui media lain yang terlalu bombastis.

Untuk menjamin keamanan dalam melakukan pembelian secara online, pihaknya berharap calon pembeli menghindari membuka tautan yang tidak dikenal, tidak mudah percaya pada seseorang yang belum dikenal di dunia nyata, dan mewaspadai email-email penawaran yang masuk.

Selain itu, calon pembeli juga harus mengecek data transaksi yang dilakukan secara online terutama bila menggunakan kartu kredit serta memasang program keamanan untuk perangkat komputer.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement