Kamis 27 Dec 2012 17:42 WIB

Janji Rieke Bila Terpilih: Dana Kesehatan Jabar Ditambah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Rieke Dyah Pitaloka.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Bakal calon Gubernur Jawa Barat, Rieke Dyah Pitaloka.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI—Calon Gubernur Jabar, Rieke Diah Pitaloka menjanjikan kenaikan anggaran kesehatan bila terpilih. Janji itu disampaikan saat mendatangi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) R Syamsudin SH Kota Sukabumi, Kamis (27/12)

.‘’Nanti jika terpilih, anggaran kesehatan akan ditambah dalam APBD Perubahan,’’ terang Rieke di depan Direktur Utama (Dirut) RSUD R Syamsudin SH, Suherman. Peningkatan anggaran ini salah satunya untuk menambah ruang perawatan dan tempat tidur pasien di setiap rumah sakit

Penambahan anggaran, ujarnya perlu, mengingat tempat tidur di RSUD Syamsudin saja tidak mampu menampung para pasien. Khusus untuk RSUD Syamsudin membutuhkan tambahan sekitar 200 tempat tidur baru.

Dengan penambahan tempat tidur, ia berharap tidak ada lagi pasien dari warga miskin yang ditolak rumah sakit. Selain menambah tempat tidur di rumah sakit, Rieke juga menjanjikan pembangunan puskesmas di daerah-daerah.

Sementara untuk warga, Rieke mengatakan, pasangan Rieke-Teten atau biasa disebut Paten telah meluncurkan kartu Binangkit. Keberadaan kartu ini sebagai upaya memberikan layanan kesehatan gratis kepada warga miskin yang mebutuhkan.

Dari data yang ada, kata Rieke, jumlah warga miskin di Jabar mencapai sekitar 4,5 juta jiwa. Semua warga miskin tersebut, ujarnya, akan mendapatkan Kartu Binangkit.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement