Kamis 27 Dec 2012 07:10 WIB

Perbaikan Angkutan Umum Solusi Atasi Kemacetan

 Sejumlah kendaraan bermotor milik para pemudik terjebak kemacetan.
Foto: Republika/Adhi Wicaksono
Sejumlah kendaraan bermotor milik para pemudik terjebak kemacetan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pakar transportasi Universitas Gadjah Mada, Ahmad Munawar, mengatakan, salah satu cara untuk mengatasi kemacetan adalah memperbaiki kualitas angkutan umum.

"Perbaikan tidak hanya pada angkutan umum perkotaan, tetapi juga angkutan umum dalam provinsi yang harus diperbaiki dengan standar pelayanan minimal tertentu," katanya di Yogyakarta, Kamis.

"Saat ini kemacetan tidak hanya menjadi problem yang terjadi di ibu kota Indonesia. Yogyakarta juga merupakan salah satu kota yang dalam beberapa tahun terakhir mengalami hal yang sama," jelasnya.

Menurut dia, melalui perbaikan angkutan umum diharapkan dapat memberi kenyamanan pada pengguna, sehingga moda transportasi itu dapat lebih diminati.

Di Yogyakarta sendiri, lanjutnya, kemacetan sudah menjadi hal yang biasa. Di ruas-ruas jalan utama kemacetan hampir terjadi setiap saat, dari pagi hingga malam.

"Dalam waktu 15 tahun ke depan diperkirakan akan terjadi kemacetan parah jika tidak segera ditangani dengan sungguh-sungguh," kata Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement