Rabu 26 Dec 2012 15:03 WIB

Maskapai Plat Merah Diminta Bantu Distribusi Daging

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Hazliansyah
Menteri Pertanian Suswono
Foto: Republika/Agung
Menteri Pertanian Suswono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian, Suswono, meminta maskapai penerbangan pelat merah mendukung upaya distribusi produk-produk pertanian. Ia meminta maskapai penerbangan Garuda dan Merpati bisa memberikan 'diskon' atau insentif untuk distribusi daging dari sentra produksi di Nusa Tenggara menuju Jawa.

"Kita bangun RPH (Rumah Potong Hewan) di NTT dan NTB nanti dagingnya diangkut menggunakan dengan pesawat dan ada insentif. Kendala kita di transportasi," ujar Suswono, Rabu (26/12).

Suswono mengatakan, daerah Nusa Tenggara siap menyuplai sapi potong untuk daerah Jakarta, sebagai wilayah dengan konsumsi daging paling tinggi.

Namun, kata dia, distribusi daging dari Nusa Tenggara menuju pusat konsumsi sangat sulit. Ia mengatakan, untuk mempercepat distribusi, perlu dibangun RPH yang modern agar pemotongan lebih cepat, lalu diangkut dengan transportasi yang lebih efisien.

"Saya sudah sampaikan menteri BUMN, ingatkan Garuda untuk memberi insentif terhadap produk pertanian," katanya.

Menurutnya, di negara lain seperti Thailand, maskapai penerbangan sangat berkontribusi dalam menunjang distribusi pangan di wilayahnya. Jika hal ini sudah bisa dilakukan, menurut dia distribusi daging sapi akan lebih lancar dan bisa menekan kenaikan harga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement