Rabu 26 Dec 2012 00:22 WIB

Pelabuhan Bakauheni Operasikan 27 Kapal Feri

Sebuah kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry melintas di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung.
Foto: Antara/Kristian Ali
Sebuah kapal feri milik PT ASDP Indonesia Ferry melintas di jalur masuk Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

REPUBLIKA.CO.ID, KALIANDA LAMPUNG -- Bertepatan dengan Hari Raya Natal 2012, penumpang liburan dari Pulau Sumatera menuju Jawa atau sebaliknya tampak ramai menyeberang menggunakan jasa penyeberangan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

"Penumpang lebih banyak dibandingkan dengan saat normal sejak beberapa hari terkahir atau bertepatan dengan musim liburan ini," kata Manajer Operasional PT ASDP Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakauheni, Heru Purwanto di Bakauheni, Selasa.

Ia mengatakan, jumlah penumpang meningkat hingga dua kali lipat dibanding biasanya dengan rata-rata sampai 15.000 penumpang pejalan kaki maupun mengunakan kendaraan roda dua, roda empat, bus serta truk muatan barang dan sembako yang akan menyeberang maupun tiba dari Pelabuhan Merak, Banten.

Kemudian, kapal feri atau roll on roll off (Ro-ro) yang beroperasi sebanyak 27 kapal dengan 92 trip perhari untuk melayani penyeberangan penumpang tersebut dan lima dermaga difungsikan optimal selama memasuki libur panjang Natal dan Tahun Baru nanti.

Menurut Heru, layanan penyeberangan pejalan kaki maupun kendaraan melalui pelabuhan itu relatif lancar meski ada peningkatan volume penumpang pejalan kaki maupun kendaraan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement