Senin 24 Dec 2012 18:54 WIB

Wah, Gunung Lokon Meletus Lima Kali

Gunung Api Popocatepetl membentuk kubah lava
Gunung Api Popocatepetl membentuk kubah lava

REPUBLIKA.CO.ID,TOMOHON--Sepanjang Senin (24/12) pukul 17.30 WITA, Gunung Lokon di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) telah meletus sebanyak lima kali.

"Peningkatan kegempaan vulkanik dalam dan vulkanik dangkal kembali terekam sejak Senin subuh sekitar pukul satu," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Lokon dan Mahawu, Farid Ruskanda Bina, di Kakaskasen, Senin (24/12).

Farid mengatakan, letusan sepanjang hari ini terjadi pukul 09.11 WITA, 09.57 WITA, 10.01 WITA, 15.14 WITA dan terakhir pukul 17.24 WITA.

"Letusan terakhir tergolong paling besar dibanding dengan letusan-letusan sebelumnya. Memang sudah menjadi karakter gunung ini yaitu peningkatan gempa dan akan diakhir dengan letusan," kata dia.

Menurut Farid, hingga kini akitivitas Gunung Lokon masih berfluktuatif dan belum bisa dikatakan menurun.

Pascaletusan status siaga pada level III, kata Farid, masih ditetapkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)  Bandung dengan radius bahaya 2,5 kilometer.

Letusan yang terjadi hari ini tidak terlalu membuat warga khawatir. Sejak pagi. langit mendung dan turun hujan sehingga letusan tidak tampak langsung dari kawah.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement