Senin 24 Dec 2012 14:45 WIB

Pilot Diminta Waspadai Hujan Petir di Riau

Petir (Ilustrasi)
Petir (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PEKANBARU -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Riau, mengingatkan para pilot sejumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di sekitar wilayah Riau. Mereka diminta mewaspadai terjadinya hujan badai disertai petir.

"Pada bulan Desember 2012, diprakirakan aktifitas cuaca buruk seperti hujan yang disertai petir maupun angin kencang masih akan sering terjadi. Maskapai sebaiknya mewaspadai kondisi ini," kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru, Warih Budi Lestari, di Pekanbaru, Senin.

Warih mengatakan hujan diserta petir dan angin kencang peluangnya cukup besar. Peluangnya relatif sama dengan bulan November 2012.

Hal demikian, menurut dia, sering kali memperngaruhi kenyamanan atas aktifitas penerbangan yang menggunakan wilayah atau jalur udara Provinsi Riau.

Sedangkan, kejadian kabut asap yang sering mengganggu jalur penerbangan pesawat di atas udara Riau diprakirakan tidak bakal terjadi pada Desember ini. Kondisi tersebut disebabkan peluang distribusi hujan di wilayah Riau dan Sumatra kian meningkat dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

"Ini sebabnya, kami memprakirakan bulan Desember ini masih merupakan puncak musim hujan di tahun 2012," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement