Ahad 23 Dec 2012 21:30 WIB

Menko Kesra Bantah Kementriannya 'Malas' Serap Anggaran

Menko Kesra Agung Laksono
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Menko Kesra Agung Laksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Muncul tudingan Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat"malas" menyerap anggaran. "Tidak benar kalau dianggap malas menyerap anggaran. Karena hingga Desember ini penyerapan sudah mencapai hampir 100 persen," kata Menko Kesra Agung Laksono di Jakarta, Ahad (23/12) malam.

Pernyataan Agung tersebut menanggapi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) yang meminta pemerintah untuk memangkas anggaran di kementerian yang dinilai gagal dalam penyerapan anggaran. Menurut catatan Fitra, ada enam kementerian yang dianggap "pemalas" dalam penyerapan anggaran 2012.

Mereka adalah Kementerian Negara Perumahaan Rakyat, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian ESDM, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Agung menjelaskan, dia telah meminta laporan kepada segenap jajarannya termasuk bagian keuangan dan perencanaan hingga ke Plt Sesmenko Kesra. "Dari laporan yang saya terima diketahui bahwa penyerapan hingga sebesar 19 persen terjadi pada bulan Mei 2012 hingga Juni 2012," katanya.

Sementara mulai dari September, Oktober hingga Desember penyerapan sudah mencapai hampir 100 persen.  Karena itu, kata Agung, tidak benar jika kementerian yang dipimpinnya dianggap malas dalam menyerap anggaran karena hingga saat ini semuanya sudah berjalan sesuai dengan target.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement