Sabtu 22 Dec 2012 22:09 WIB

Budayawan: Rhoma Layak Jadi Capres

Rhoma Irama
Foto: Antara
Rhoma Irama

REPUBLIKA.CO.ID, PAMEKASAN -- Dukungan bagi Rhoma Irama untuk maju dalam pemilihan Presiden di 2014 mendatang terus mengalir. Pegiat seni budaya atau budayawan asal Pamekasan, Madura, Iskandar, menilai, Rhoma Irama layak menjadi Calon Presiden. 

"Tidak ada salahnya jika Capres 2014 nanti dari kalangan seniman," kata Ketua Yayasan Landhep Semmo yang bergerak dalam bidang pengembangan dan pemberdayaan seni budaya tradisional Madura itu di Pamekasan, Sabtu.

Menurut dia, bangsa Indonesia selama ini sudah dipimpin dari berbagai kalangan dan jenis profesi, seperti dari kalangan teknokrat, ulama, insinyur dan dari unsur TNI/Polri. Namun perjalanan pemerintahan terkesan kurang menarik, karena nilai-nilai tradisi dan budaya bangsa kurang mendapatkan perhatian yang lebih serius.

Bahkan, kata Iskandar, tradisi dan budaya bangsa cenderung tergerus arus modernisasi, sehingga khazanah kekayaan budaya bangsa lambat-laun memudar.

"Nah, kalau pemimpinnya dari seniman, maka tentu, perhatian terhadap khazanah budaya bangsa, seperti jenis kesenian tradisional, jelas akan lebih diperhatikan," katanya menjelaskan.

Hanya, Iskandar menambahkan, penilaian kelayakan Rhoma Irama sebagai Capres 2014 itu subjektif dari dirinya sebagai pegiat seni budaya.

Hanya saja, sambung dia, kriteria layak dalam sudut pandang seniman, belum tentu sama jika dilihat dari sudut pandang berbeda. Semisal sudut pandang politik, sosiologi, dan ekonomi.

"Yang jelas, bangsa Indonesia memerlukan pemimpin yang berbudaya dan memperhatikan kebudayaan di masa depan. Kita perlu melawan globalisasi dengan glokalisasi atau kembali ke lokal," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement