Jumat 21 Dec 2012 18:54 WIB

Akses Air Bersih dan Lingkungan dari Danone

Rep: Niken Paramita Wulandari / Red: M Irwan Ariefyanto
Danone Aqua mendapatkan penghargaan
Foto: Danone
Danone Aqua mendapatkan penghargaan

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pengadaan air bersih masih menjadi pilihan utama sejumlah perusahaan dalam membantu masyarakat terutama yang tinggal di kawasan yang dekat aliran sungai. Salah satunya adalah PT Danone Aqua. “Salah satu bidang di mana Danone Aqua menaruh perhatian sangat serius adalah kesehatan. Kami tak bisa menutup mata dari kenyataan bahwa masyarakat di sekitar daerah aliran sungai mengalami kesulitan mengakses air bersih,” tutur Pemimpin Danone Aqua Parmaningsih Hadinegoro.

Untuk menjawab persoalan tersebut, Danone Aqua menginisiasi program Akses Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan atau WASH (Water Access, Sanitation, and Hygiene).

Danone Aqua menerima penghargaan Charta Peduli Indonesia 2012 kategori “TOP CSR in Water, Sanitation and Hygiene” di Jakarta, pada Kamis (20/12).

Parmaningsih menjelaskan, yang dilakukan dalam program WASH adalah penyediaan sarana dan prasarana air bersih, memfasilitasi kelembagaan pengguna air, serta membangun perilaku hidup bersih dan sehat di sekitar wilayah operasi Danone Aqua yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

Program ini telah menjangkau lebih dari 82.000 penduduk Indonesia yang tersebar di 10 kabupaten, di mana prioritas pemilihan lokasi diberikan pada lingkungan masyarakat yang membutuhkan di sekitar operasional perusahaan dan wilayah lain di Indonesia yang tengah mengalami krisis air bersih berkepanjangan maupun terkena bencana alam.

“Kami menyadari sebagai perusahaan AMDK yang memanfaatkan air tanah dalam, Danone Aqua tidak bisa mengolah air tanpa mengelola alam. Oleh karena itu semua kegiatan CSR Danone Aqua mengarah pada upaya pengelolaan sumber daya air terpadu secara berkelanjutan yang dilakukan dalam sebuah payung program bernama Aqua Lestari. Program ini dikembangkan sejak 2006 dari sebuah model pengelolaan sumber daya air berbasis Daerah Aliran Sungai mulai dari hulu (daerah imbuhan air), tengah (daerah sumber air), hingga hilir,”  tutur Parmaningsih.  

Ia menjelaskan, Aqua Lestari berintikan empat pendekatan, yaitu alam dan lingkungan, keterlibatan sosial-ekonomi, kelembagaan, serta pendidikan. Program-program pengelolaan sumber daya air yang dijalankan meliputi Program Konservasi, Pertanian Berkelanjutan, Pengelolaan Sampah, Akses Air Bersih, Penyehatan Lingkungan, dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat.

Parmaningsih menjelaskan, semua program Aqua Lestari dijalankan di seluruh lokasi operasi Danone Aqua di Indonesia berdasarkan kebutuhan dan kemampuan lokal. dengan pendekatan partisipatif dan bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait (multi stakeholders engagement).

Menanggapi apresiasi dari Dompet Dhuafa terhadap CSR Danone Aqua pada Charta Peduli Indonesia 2012 kali ini Parmaningsih menyatakan, ”Apresiasi  ini lahir karena program CSR Danone Aqua dinilai sejalan dengan visi kelembagaan Dompet Dhuafa untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement