Kamis 20 Dec 2012 21:00 WIB

Lagu Anging Mammiri Berkumandang di Pulau Timor

Rep: Andi Nur Aminah/ Red: Fernan Rahadi
Pulau Timor
Foto: wayfaring.info
Pulau Timor

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lagu daerah Sulawesi Selatan, Anging Mammiri, Kamis (20/12) , berkumandang di Pulau Timor.  Selain itu, gemulai gerakan penari Paddupa yang merupakan tari penyambutan seseorang yang dihormati pun tampil memikat. Tapi kenapa di Pulau Timor?

Kehadiran Jusuf Kallalah penyebabnya. Wakil Presiden RI ke sepuluh ini, menjadi sosok yang menyita perhatian masyarakat Nusa Tenggara Timur (NTT), yang tengah merayakan hari jadinya  ke 54. JK, menjadi tamu spesial di perayaan HUT NTT tersebut. Menurut Husain Abdullah, salah seorang anggota rombongan yang ikut bersama JK ke Kupang, JK mendapat pengharggaan dari pemerintah provinsi NTT atas jasanya mengampanyekan Komodo dan akhirnya terpilih dalam New 7 Wonder.

Husain mengatakan, JK mendapat hadiah dari Gubernur NTT berupa cincin emas kelas 1. Penyematan cincin dengan berat sekitar 10 gram itu dilakukan Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Dalam sambutannya, JK mengatakan, ditetapkannya Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia yang baru, akan memberi manfaat ekonomi  bagi masyarakat NTT khususnya di Labuan Bajo. ''Kalau Komodonya tidak akan mengerti. Sebagai binatang purba, Komodo akan begitu-begitu saja. Namun, bagaimana masyarakat di sekitarnya bisa mengambil manfaat dari penetapan  Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia. Ini yang penting,'' ujar JK di Kupang, Kamis (20/112).  

Menurutnya, manfaat ekonomi yang bisa diperoleh masyarakat di antaranya sektor pariwisata di Taman Nasional Komodo. Masyarakat sekitar TN Komodo, menurutnya,   harus memperssiapkan diri. Sedanggkan  provinsi NTT sebagai tuan rumah, harus siap  menyambut tamu-tamu yang akan datang.

JK mengatakan, keberhasilan  Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban baru di dunia, bukan karena keberhasilannya sendiri semata.  Tetapi keberhasilan banyak orang di Indonesia yang mengikuti vote Komodo lewat pesan layanan singkat (SMS).  Khususnya Yayasan Komodo Kita yang mendorong dan mempromosikan  Komodo.

Komodo membuka pintu gerbang lokasi pariwisata lainnya yang ada di ujung timur Indonesia setelah Bali dan Lombok.  Seperti Taman Laut di Pulau Alor dan Pasola di Pulau Sumba serta danau tiga warna di Kalimutu. JK sendiri, ditetapkan sebagai Duta Besar Pulau Komodo untuk Tujuh Keajaiban Dunia berdasarkan surat keputusan Gubernur NTT Frans Lebu Raya nomor 320 tahun 2012.

Gubernur Frans, mengatakan, hadiah yang diberikan kepada JK sebetulnya tidak sebanding dengan jasa dan prestasi JK mendorong Pulau Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban baru dunia. ''Ini penghargaan masyarakat NTT sehingga Komodo mendapat penghargaan tertinggi dan jadi kawasan yang akan dikenal di dunia,'' ujar Frans.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement