Kamis 20 Dec 2012 15:23 WIB

Akhir Tahun, Bandara Soekarno-Hatta Berbenah

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Setyanadivita Livikacansera
Suasana Bandara Soetta
Suasana Bandara Soetta

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Menghadapi libur Natal dan Tahun Baru yang akan tiba tak lama lagi, Bandara Soekarno-Hatta juga ikut berbenah diri.

Menurut Deputi Senior General Manager Ir Prijono Wodjo, Bandara sudah melakukan berbagai persiapan merujuk dari evaluasi tahun lalu. "Khusus untuk tahun ini, ada persiapan yang difokuskan pada pengoptimalan sistem udara dan pemantauan," ujar Prijono.

Bandara, kata dia, juga akan memaksimalkan penggunaan peralatan X-ray, counter, dan metal detector. Rambu informasi juga akan ditambah, dengan tujuan agar penumpang tidak bingung.

Bandara Soekarno-Hatta berencana menyiapkan posko khusus untuk Natal dan Tahun Baru. Posko ini nantinya akan memberi imbauan atau pelayanan informasi bagi calon penumpang melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Untuk keamanan dan petugas bandara, Prijono mengungkapkan, pihaknya akan berkordinasi dengan polisi dan instansi terkait.  "Kita mulai beroperasi dari sekarang sekalipun belum ada gejala kenaikan yang signifikan,"ujarnya. 

Lonjakan berarti, biasanya baru terjadi tiga hari menjelang Natal. Tahun lalu, di kala musim liburan akhir tahun, terjadi lonjakan penumpang sebesar 10 persen. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement