Rabu 19 Dec 2012 12:49 WIB

Ini Dia 3 Bidan Peraih Srikandi Award 2012

Rep: rusdy nurdiansyah/ Red: Heri Ruslan
Bidan tengah menjalani pelatihan
Foto: healthmarketinnovations.org
Bidan tengah menjalani pelatihan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga bidan berprestasi di Tanah Air mendapat anugerag Srikandi Award 2012.

Ketiga bidan berprestasi itu adalah  Bidan Sunarti dari Kokap, Kulonprogo, Yogyakarta meraih penghargaan pertama untuk kategori Inisiatif Pemberdayaan Pangan dan Ekonomi Lokal.

Bidan Rahmi dari Muna, Sulawesi Tenggara meraih penghargaan pertama untuk kategori Inisiatif Peningkatan Kesehatan Anak.

Sedangkan, Bidan Siti Khlolifah dari Pacitan, Jawa Timur meraih penghargaan pertama untuk kategori Inisiatif Peningkatan Ibu.

''Kami telah menilai dengan seksama kesesuaian antara inisiatif program yang dijalankan dengan dampak yang diharapkan. Program terbaik akan dipilih berdasarkan wawasan dan penguasaan program, keunikan program, dan yang terpenting keberlanjutan program,'' ujar dr Kartono Mohamad, Ketua Dewan Juri Srikandi Award 2012.

Pihaknya berharap apresiasi kepada para bidan yang telah menjadi teladan masyarakat di bidang kesehatan dan sosial ini terus mendapat dukungan dari semua pihak.

''Kita juga berharap dan menjadi stimulasi dalam usaha jangka panjang pembangunan bangsa, khususnya dalam melindungi kualitas generasi mendatang melalui penggalakkan kesehatan ibu dan anak,'' harap Kartono.

Kartono mengungkapkan dari 250 bidan yang menjalankan program Pos Bhakti Bidan di 18 provinsi, terpilih sembilan bidan dengan inisiatif terbaik.

Lalu dari sembilan bidan menjalani penjurian akhir untuk memilih tiga bida terbaik dengan menentukan program terbaik berdasarkan tiga kriteria inisiatif, yaitu, inisiatif Pemberdayaan Ekonomi dan Pangan, Peningkatan Kesehatan Anak dan Peningkatan Kesehatan Ibu.

''Setiap tahunnya kami menerima begitu banyak proposal Pos Bhakti Bidan berisi program-program sosial di bidang kesehatan untuk memajukan kesehatan dan gizi masyarakat dimana bidan tersebut tinggal. Artinya semakin terlihat jelas peran bidan sebagai elemen penting dalam kehidupan masyarakat.''

''Kerja keras mereka dalam edukasi dan sosialisasi kesehatan, terutama di daerah-daerah yang memiliki kondisi geografis yang sulit dijangkau oleh tenaga kesehatan lainnya memang sangat dibutuhkan,'' ujar Yetty Leony M Irawan, Sekretaris Jenderal IIkatan Bidan Indonesia (IBI).

Srikandi Award 2012 diselenggarakan oleh IBI yang berkerj sama dengan Sarihusada, sebuah perusahaan yang tergabung dalam Danone Grup, perusahaan makanan dan minuman di empat kategori yakni nproduk fresh dairy, air mineral, nutrisi medis dan nutrisi bayi.

''Para bidan yang diseleksi berkecimpung dalam program sosial 'Pos Bhakti Bidan' untuk dukung peningkatan derajat kesehatan dan gizi ibu dan balita,'' terang Yetty.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement