Senin 17 Dec 2012 13:39 WIB

Pengoplos Bakso Babi Harus Dipidana

Bakso
Foto: courtesy of matanews
Bakso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pedagang bakso yang mengoplos baksonya dengan daging babi patut untuk dihukum karena merupakan tindakan pidana dan kriminal.

"Pedagang bakso yang mengoplos baksonya dengan daging babi telah melakukan penipuan kepada masyarakat untuk meraih keuntungan yang besar," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Irgan Chairul Mahfiz di Jakarta, Senin.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu mengatakan, apa pun motifnya tindakan itu tidak bisa dibenarkan sehingga pelaku harus ditangkap dan diusut.

Menurut dia, tindakan pelaku yang mengoplos bakso dengan daging babi telah memenuhi unsur penipuan dan berupaya menyesatkan umat Islam dengan menghidangkan makanan yang tidak halal.

"Ke depan, saya berharap Kementerian Perdagangan, BPOM, Kepolisian, Kementrian Koperasi dan UKM, dan pemerintah daerah agar selalu melakukan inspeksi mendadak," kata Ketua DPP PPP itu.

Tujuannya, kata dia agar masyarakat dapat merasa aman dan nyaman dalam mengonsumsi makanan yang sehat, halal, dan berkualitas.

"Bila masyarakat merasa aman dan nyaman, daya beli masyarakat dapat terpelihara dengan baik dan meningkat," ujarnya.

Karena itu, dia mendesak agar pedagang bakso mengoplos daging babi harus ditindak tegas secara hukum dan mendapat efek jera, agar menjadi pembelajaran dan tidak terulang kembali.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement