Ahad 16 Dec 2012 21:30 WIB

Ini Alasan Penerbangan di Soetta Kacau

Rep: Sefti Oktarianisa/ Red: Dewi Mardiani
Soekarno Hatta airport (illustration)
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Soekarno Hatta airport (illustration)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II menegaskan kekacauan jadwal penerbangan yang terjadi di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Ahad (16/12) bukan akibat padam listrik. "Namun sistem radar yang bermasalah," kata Pelaksana Tugas GM ATS Budi Hendro.

Ia menuturkan supplai elektrik terganggu. Hal ini membuat semua radar yang ada di Bandara Soekarno Hatta bermasalah selama pukul 16.55 WIB hingga 18.00 WIB. "Karenanya selama itu terjadi, Angkasa Pura harus melakukan pengontrolan tanpa menggunakan radar," jelasnya. Ini membuat sejumlah pesawat yang hendak mendarat dan lepas landas tertunda.

Untuk yang mendarat, ia mengatakan, pesawat yang biasanya bisa turun setiap menit, harus menunggu minimal lima menit untuk melakukan pendaratan. Sedangkan yang lepas landas harus menunggu lebih lama, karena Angkasa Pura II lebih mengutamakan keselamatan penumpang yang akan mendarat,

"Tapi sekarang, semuanya sudah terurai," tegasnya. Meski radar sudah normal, pihaknya tetap melakukan penyidikan untuk memastikan apa yang sesungguhnya terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement