Jumat 14 Dec 2012 23:02 WIB

Delapan Desa Ditenggelamkan Jadi Bendungan

Bendungan (ilustrasi)
Foto: Saptono/Antara
Bendungan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Sebanyak delapan desa di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, bakal ditenggelamkan untuk dijadikan bendungan. Demikian kata Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Bina Marga Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Cilacap, Syeful Hidayat.

"Berdasarkan informasi yang saya terima, proyek ini sudah tercantum dalam 'masterplan' Percepatan dan Perluasan Pembangunan Infrastruktur Indonesia 2011-2025," kata Syeful Hidayat di Cilacap, Jumat, seperti dikutip Antara.

''Rencananya, pengerjaan proyek yang akan memanfaatkan aliran Sungai Cijolang itu dilaksanakan pada 2013-2018," katanya.

Syeful mengatakan pembangunan bendungan tersebut merupakan proyek pemerintah pusat dan akan didanai APBN secara multitahun.

Berdasarkan hasil prastudi kelayakan, kata dia, sebanyak delapan desa di Kecamatan Dayeuhluhur, Cilacap, bakal ditenggelamkan sebagai daerah genangan air bendungan. Kedelapan desa tersebut yakni Desa Dayeuhluhur, Matenggeng, Ciwalen, Bolang, Datar, Cijeruk, dan Bingkeng.

"Ada desa yang ditenggelamkan seluruhnya, ada juga yang hanya sebagian," kata dia menjelaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement