Jumat 14 Dec 2012 07:19 WIB

Ternak Unggas di Lampung Dipantau

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Fernan Rahadi
Petugas memusnahkan unggas yang terjangkit flu burung
Foto: Antara
Petugas memusnahkan unggas yang terjangkit flu burung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (disnakeswan) Lampung, telah menurunkan tim ke lapangan untuk memantau peternak unggas, terkait dengan merebaknya virus flu burung (avian influenza/AI) di Pulau Jawa. Petugas telah menyebar ke peternakan unggas, untuk mengecek penyebaran virus AI tersebut di Lampung.

Tim juga berkoordinasi dengan pihak kabupaten/kota se Lampung, untuk melaporkan bila terjadi kematian unggas secara mendadak dan massal. "Sudah ada rapat koordinasi, petugas proaktif dan siap bila menerima laporan terkait ada kematian unggas mendadak dan massal," kata Kepala Disnakeswan Lampung, Setiato, di Bandar Lampung, Kamis (13/12).

Hingga Jumat (14/12), keterangan dari Diskeswan Lampung belum ditemukan adanya unggas warga dan peternak lainnya yang terkena penyakit dan mati massal. Setiato menjelaskan bila ada laporan dan temuan petugas di lapangan, tim segera proaktif untuk mengisolasi ternak tersebut, agar penyakit ternak tersebut tidak menyebar, dan ternaknya tidak dikonsumsi manusia.

Ia meyakini virus AI belum menjalar ke peternakan di wilayah Lampung, seperti yang terjadi di Jawa. Menurut dia, peran serta masyarakat juga diharapkan proaktyif untuk melaporkan ke petugas bila ada kematian unggas peternak secara mendadak dan banyak, karena tidak mungkin petugas dapat mengkaver semua peternak di Lampung.

Sementara di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSAM) Bandar Lampung, belum menerima pasien rujukan yang terkena suspect flu burung. Pihak rumah sakit, sudah sejak lama telah menyediakan ruang isolasi bagi pasien yang terkena suspect flu burung dengan standar internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement