Rabu 12 Dec 2012 07:00 WIB

BPBD Jatim Siapkan Pompa di 10 Daerah Rawan Banjir

Rep: Amri Amrullah/ Red: Indah Wulandari
Bersih-bersih Kali Brantas
Foto: antara
Bersih-bersih Kali Brantas

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur siapkan pompa untuk antisipasi banjir di 10 daerah rawan.

Diantara 10 wilayah yang diperkirakan rawan banjir tersebut, rata-rata wilayah berada di kawasan Kali Brantas dan sepanjang Kali Bengawan Solo. Beberapa wilayah tersebut diantaranya Bojonegoro, Lamongan dan Tuban yang berada di Bengawan Solo. Begeitu pula titik di wilayah Mojokerto, Kediri, Surabaya yang dilalui Kali Brantas.

"Beberapa pompa di Lamongan dan Bojonegoro sudah disiapkan untuk mengantisipasi hal itu," ujar Kepala BPBD Jatim Sudarmawan, Selasa (11/12).

Pihaknya pun sudah mengantisipasi di beberapa titik dengan memasang beberapa pompa di kawasan Bojonegoro dan Lamongan.  Saat permukaan naik, pompa-pompa tersebut akan dioperasikan untuk mengurangi genangan. Persiapan anggaran on call banjir punmencapai Rp 3,5 milliar.

Beberapa daerah lain di Jatim pun perlu diwaspadai rawan terjadinya banjir sewaktu-waktu. Daerah itu tersebar di 32 kabupaten dan kota di Jawa Timur. "Kita sudah berkoordinasi dengan BPBD masing masing daerah kalau ada ancaman meski statusnya masih di bawah 10 daerah tadi," ujarnya.

Beberapa wilayah di Jawa Timur, seperti Bojonegoro, Malang, Lamongan, Situbondo, Bondowoso, Probolinggo dan sebagaian Madura dalam beberapa minggu ke depan akan mengalami curah hujan cukup tinggi. Terutama pada Januari tahun depan. Dia lalu mengimbau agar masing-masing daerah bersiaga terhadap adanya potensi banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement