Senin 10 Dec 2012 14:12 WIB

Jalan Khusus Cikarang-Tanjung Priok Dibangun 2013

Rep: Nur Aini/ Red: Mansyur Faqih
jalan tol (ilustrasi)
jalan tol (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan mulai membangun jalan khusus Cikarang-Tanjung Priok pada 2013. Jalan ini dibangun untuk mengatasi kemacetan di kawasan Cawang dan Halim karena banyaknya truk dari Cikarang menuju Tanjung Priok. 

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan, jalan khusus Cikarang-Priok diperlukan karena truk yang melayani pengiriman barang ekspor dari Cikarang terlalu banyak. Akibatnya, kemacetan selalu terjadi di Cawang dan Halim Jakarta. 

“Selama ini, perjalanan dari Cikarang ke Priok bisa sembilan jam,” ujarnya.

Dengan pembangunan jalan khusus tersebut, perjalanan dari Cikarang ke Tanjung Priok bisa dilakukan sekitar 30 menit. :Jadi yang selama ini hanya bisa kirim satu kali sehari, bisa jadi 3-4 kali,” papar dia. Namun, jalan khusus tersebut baru bisa dimanfaatkan pada 2014.

Pemerintah juga akan menyelesaikan pembangunan kereta api jalur ganda (double track) Jakarta-Surabaya pada 2013. Dengan infrastruktur itu, pola pengiriman barang diharapkan bisa lebih baik. 

“Double track Merak- Tanjung Priok juga akan dibuka pada 2013,” ucap Dahlan.

Menurutnnya, semua proyek BUMN harus dijalankan pada 2013. Jangan sampai malah dibatalkan meski pun adanya krisis ekonomi di AS dan Eropa. 

“Kalau ada goncangan di Eropa dan AS, tidak boleh seperti swasta yang wait and see karena BUMN tangan pemerintah,” tuturnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement