Ahad 09 Dec 2012 23:25 WIB

Janji Rieke: Pengusaha Aman dari Pungli

Rieke Diah Pitaloka
Foto: Antara
Rieke Diah Pitaloka

REPUBLIKA.CO.ID,KARAWANG -- Anggota DPR RI yang maju sebagai calon Gubernur Jawa Barat pada Pemilihan Kepala Daerah Jabar 2013, Rieke Diah Pitaloka, mengaku akan berusaha membuat nyaman para pengusaha dari berbagai jenis pungutan liar, jika dia terpilih menjadi gubernur. "Saya beberapa kali bertemu dengan kalangan pengusaha. Mereka umumnya mengaku sudah tidak nyaman atas praktik pungli (pungutan liar)" kata Rieke, di Karawang, Minggu.

Pungli terhadap kalangan pengusaha itu seharusnya dihindari. Sebab hal tersebut dikhawatirkan akan mengganggu iklim investasi di wilayah Jawa Barat. Atas hal tersebut, ia mengaku akan berupaya menghilangkan pungli yang dialami kalangan pengusaha jika nanti terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat. Praktik pungli saat ini sendiri terjadi sejak dari proses perizinan hingga beroperasinya perusahaan.

Di antara upaya membuat nyaman kalangan pengusaha di Jawa Barat itu bisa dilakukan dengan cara membentuk sistem perizinan secara online, sehingga tidak akan ada lagi praktik pungli 'di bawah meja'. Selain itu, juga perlu dilakukan perbaikan infrastruktur, memberi kepastian pasokan gas untuk perusahaan lokal, dan lain-lain.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement