Sabtu 08 Dec 2012 10:56 WIB

Rita Subowo Disebut Cocok Gantikan Andi?

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo
Foto: Antara
Ketua Komite Olimpiade Indonesia Rita Subowo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Siapa sosok yang tepat untuk menggantikan Andi? Pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Cecep Hidayat menilai Rita Subowo berpeluang untuk mengisi jabatan kosong Menpora tersebut.

Dari berbagai nama seperti Ramadhan Pohan, Khatibul Umam, Rita Subowo, Firmansyah, ia mengatakan Rita lebih berpeluang.

Pasalnya, Rita pernah menjabat sebagai Ketua Umum Komite Nasional Indonesia (KONI) pada 2007-2011. “Namun permasalahannya apakah Rita mendapat dukungan politik dari Partai Demokrat tidak? Partai Demokrat sendiri keberatan tidak dengan melepas satu kursi jabatan?,” imbuhnya.

Cecep menambahkan siapa pun calon pengganti Andi mempunyai tugas yang cukup berat. Karena calon pengganti Andi nantinya hanya mempunyai waktu sekitar setahun untuk melanjutkan program-program sebelumnya.

Selain itu, calon pengganti Menpora juga harus dapat mengatasi kekisruhan yang ada dalam olahraga Indonesia. “Termasuk memperbaiki prestasi olahraga Indonesia di berbagai ajang,” katanya.

Selain itu, Cecep juga mengatakan dengan mundurnya Andi dari kursi jabatannya, dapat menjadi momentum yang baik bagi SBY untuk membersihkan kabinet.

Sebelumnya, Menpora Andi Mallarangeng resmi telah mengundurkan diri dari jabatannya setelah ditetapkan menjadi tersangka atas kasus dugaan korupsi Proyek Pusat Pendidikan dan Pelatihan Olahraga Nasional (P3SON) Hambalang, Jawa Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement