Jumat 07 Dec 2012 19:10 WIB

Puting Beliung Masih Mengancam Yogya

Rep: Yulianingsih/ Red: Dewi Mardiani
Angin puting beliung (ilustrasi)
Foto: Blogspot.com
Angin puting beliung (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Puting beliung dan angin kencang masih akan mengancam wilayah Yogyakarta dan sekitarnya hingga Januari 2013 mendatang. Pasalnya di musim penghujan seperti saat ini potensi munculnya angin seperti itu sangat besar.

"Masyarakat harus mewaspadai jika empat hari atau tiga hari berturut-turut cuaca sangat cerah di musim hujan maka hujan selanjutnya dipastikan disertai puting beliung atau angin kencang," terang Kasie Data dan Informasi Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, Tony Agus Wijaya, Jumat sore (7/12).

Diakuinya puting beliung yang menimpa wilayah sekitar Bandara Adisutjipto Yogyakarta, Jumat sore kekuatannya mencapai 60 kilometer/jam. Secara kekuatan angin tersebut tergolong sedang. Namun karena di Yogya banyak pohon rimbun maka angin itu bisa menyebabkan kerugian yang banyak. Durasi angin kencang tersebut hanya mencapai 10 menit dalam radius 2 kilometer persegi.

Kondisi ini kata dia, akan sering terjadi ke depan. Pasalnya cuaca di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya dipengaruhi oleh banyak kondisi. "Yang jelas musim penghujan seperti sekarang ini harusnya pagi hari sudah mendung hingga sore. Tetapi kalau pagi sampai siang cerah justru harus diwaspadai apalagi cerahnya berturut-turut," tegasnya. Diakuinya, puncak musim hujan di Yogyakarta akan terjadi pada Januari hingga Februari 2012.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement