Rabu 05 Dec 2012 19:15 WIB

Kemenko Kesra Launching Gerbang Kampung di Cirebon

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Chairul Akhmad
Keraton Kasepuhan Cirebon.
Foto: kasepuhan.com
Keraton Kasepuhan Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Kementrian Koordinator Kesejahteraan Rakyat akan meluncurkan program Gerakan Pembangunan Kampung (Gerbang Kampung) di Keraton Kasepuhan Kota Cirebon, Rabu (5/12).

Rencananya, kegiatan itu akan dihadiri oleh Menkokesra Agung Laksono, Wamendikbud, Sekjen Kemenparekraf, dan beberapa pejabat dari Kementrian Kesehatan, Kementerian Perumahan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Pekerjaan Umum.

"Gerakan membangun kampung ini juga dalam rangka mendukung program revitalisasi keraton," ujar Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat.

Menurut Sultan, melalui gerbang kampung akan diberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar keraton. Termasuk di dalamnya, perbaikan rumah tidak layak huni, asupan makanan balita, pelatihan kader posyandu, pusat kesehatan masyarakat, nelayan, kawasan kumuh, rumah pintar, perlengkapan bermain untuk PAUD, dan pelatihan guru PAUD.

"Dengan adanya program ini, diharapkan masyarakat di sekitar keraton menjadi sehat, cerdas, berbudaya dan sadar wisata," tegas Sultan.

Sultan mengaku, sebagai warga cirebon, sangat bersyukur dengan adanya program tersebut. Pasalnya, program itu akan membantu masyarakat yang miskin, tidak sehat, dan pengangguran.

Menurut Sultan, hal tersebut penting karena keraton akan menjadi destinasi nasional dan internasional. Dengan demikian, masyarakat di sekitarnya harus siap menerima tamu para wisatawan nusantara dan mancanegara.

"Bahkan, masyarakat bisa memanfaatkannya melalui ekonomi kreatif  yang dapat meningkatkan kesejahteraan," tandas Sultan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement