Rabu 05 Dec 2012 21:13 WIB

Pertamina bakal Ekspansi ke Venezuela

pertamina
pertamina

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN, Dahlan Iskan, mengatakan rencana PT Pertamina untuk mengakuisisi 32 persen saham Petrodelta SA, Venezuela, perusahaan migas akan terealisasi sebelum akhir Desember 2012.

"Kalau semua aspek yang menjadi dasar pertimbangan perusahaan untuk mengakuisisi perusahaan Venezuela tersebut dapat diselesaikan, maka pada akhir tahun ini rencana itu dapat saya setujui," kata Dahlan di sela acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK), di Jakarta, Rabu (5/12).

Menurut Dahlan, sesungguhnya rencana Pertamina untuk masuk ke perusahaan Venezuela tersebut sudah dilakukan secara komprehensif oleh Pertamina. "Jadi kalau betul-betul yang dibutuhkan saat ini hanya izin dari BUMN, maka pada akhir tahun ini saya bisa putuskan," tegasnya.

Sebelumnya, pada Juni 2012, Pertamina sudah menandatangani perjanjian pembelian saham (share purchase agreement/SPA) dengan Harvest Natural Resources Inc, perusahaan minyak dan gas yang tercatat (listed) di Bursa Saham New York, AS.

Dengan akuisisi ini, Pertamina berharap dapat bekerja sama dengan Petr?leos de Venezuela, SA (PDVSA), perusahaan migas nasional milik Pemerintah Venezuela, guna mempercepat pengembangan cadangan milik Petrodelta yang substansial untuk manfaat bersama bagi semua pemegang saham.

Pertamina, dalam hal ini, meminta dukungan pemerintah untuk ikut turun tangan membuka forum goverment to goverment (G to G). Dahlan menjelaskan, dalam kajian rencana pembelian tersebut mengikutkan aspek politik yang terjadi di negara itu terkait dengan Pemilihan Umum Venezuela.

"Bagaimana hasil Pemilu, apakah ada perubahan politik setelah Pemilu. Ternyata Presiden Hugo Chaves terpilih kembali. Kemudian kita lihat kabinetnya, dan ternyata kondisi politik di sana aman, jadi kita lanjutkan," ujar Dahlan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement