Selasa 04 Dec 2012 09:30 WIB

Carilah Pekerjaan Baru di Bulan Desember!

Rep: Nur Aini/ Red: Heri Ruslan
Antrean orang yang mencari pekerjaan di Madrid, Spanyol.
Foto: Andres Kudacki/AP
Antrean orang yang mencari pekerjaan di Madrid, Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON --Jika Anda berpikir untuk mencari pekerjaan baru, mungkin bulan Desember ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk memulainya. Meski sudah akhir tahun, bukan berarti perusahaan tidak mau merekrut karyawan.

Mengapa? Berikut empat alasannya seperti disampaikan penasehat karir, Mary Eileen Williams di HuffingtonPost, Selasa (4/12).

1. Tingkat kompetisi rendah. Banyak pencari kerja menghindari musim libur di akhir tahun ketika mengajukan lamaran sehingga hanya akan ada sedikit kandidat pesaing anda. Fakta ini seharusnya bisa dimanfaatkan dengan baik karena semakin rendah tingkat kompetisi, kesempatan anda direkrut semakin besar.

2. Kontrak baru dimulai di awal tahun

Seperti ketika kita menulis resolusi awal tahun, perusahaan biasanya menyegarkan kembali organisasinya pada Januari. Alokasi anggaran dan proyek baru diluncurkan. Hal ini biasanya diikuti dengan kebutuhan tambahan pegawai.

Meskipun demikian, anda bisa jadi kandidat pegawai pada Desember tapi bisa jadi baru dipanggil untuk wawancara pada Januari.

3. Kesempatan untuk memperluas jaringan

Pesta, acara kumpul-kumpul, hingga kegiatan perusahaan yang biasanya digelar di akhir tahun akan meningkatkan jaringan dan informasi. Tapi, tetap ingat anda tengah bersosialisasi sehingga tidak perlu terlalu keras mengejar target itu. Asalkan, anda tetap tahu jika anda tengah mencari pekerjaan yang cocok.

4. Musim liburan bisa anda manfaatkan untuk menghubungi kembali kawan lama.

Setelah berbagi kabar dan bercerita 'ngalor-ngidul' dengan beberapa kawan lama, anda dapat mengatakan jika saat ini tengah mencari kerja. Anda bisa menanyakan apakah ada masukan atau barangkali ada perusahaan yang membuka lowongan. Sebagai pencari kerja, anda harus memastikan semua keuntungan di hari-hari khusus.

Meski Anda tengah menganggur, libur, atau di masa cuti, anda bisa menambah kemampuan dan penampilan sehingga menjadi kandidat yang diinginkan setiap perusahaan. Karena itu, manfaatkan Desember ini untuk mencari pekerjaan dengan percaya diri dan siap menghadapi kesuksesan. Siapa tahu, saat malam tahun baru nanti, anda sudah memiliki pekerjaan baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement