Senin 03 Dec 2012 13:51 WIB

PKB Juga Lirik Hatta

Rep: Ira Sasmita/ Red: Mansyur Faqih
Hatta Rajasa
Foto: Agung Fatma Putra
Hatta Rajasa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bursa calon presiden pada Pemilu 2014 semakin memanas. Selain menyiapkan calon dari internal, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai melirik calon-calon dari luar partai.

Ketua Fraksi PKB, Marwan Jafar menyebutkan beberapa nama mulai mengerucut dari internal partai dan Nahdatul Ulama (NU). Antara lain, Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, hingga Ketua PBNU Said Aqil Siradj.

“Kami juga sedang melirik dan menimang-nimang calon dari luar NU dan PKB. Ada nama Pak Hatta (Hatta Rajasa), Pak JK (Jusuf Kala) Pak Prabowo (Prabowo Subianto),” kata dia di Jakarta, Senin (3/12).

Semua nama yang sudah mulai dimunculkan itu, lanjut Marwan akan dinilai dan didalami oleh PKB. Namun munculnya nama-nama baru menjelang penetapan capres masih terbuka lebar. Selama tohoh yang akan dicalonkan memiliki visi dan perjuangan yang sama dengan NU dan PKB.

“Seperti Pak JK, kulturnya juga NU,” jelas papar dia.

PKB, lanjut Marwan, mempunyai mekanisme internal melalui Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) untuk menentukan capres dan cawapres. Sesuai tradisi, PKB juga meminta masukan dan petunjuk dari kiai-kiai dan keluarga besar PBNU sebagai akar rumput PKB.

Keputusan nama capres dan cawapres, dikatakan Marwan paling cepat akhir 2013 nanti atau setelah pemilihan legislatif akan diumumkan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement