Sabtu 01 Dec 2012 21:26 WIB

Gapoktan Hulu Hilir, Primadona Kopi Organik

Seorang petani tengah memanen jagung miliknya (ilustrasi).
Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto
Seorang petani tengah memanen jagung miliknya (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Gapoktan Hulu Hilir berada di Desa Gunung Terang. Lahan pertanian Gunung Terang mulai dibuka tahun 1960, Pengolahan lahan kopi dengan cara manual sampai sekarang. Untuk penggunaan pupuk kimia, masyarakat Gunung Terang mulai menggunakannya pada tahun 1985.

Penggunaan pupuk kimia pada lahan kebun rata-rata 4 kuintal per hektar, sedangkan racun rumput (herbisida) penggunaannya 2-3 liter per hektar. Tahun 2003-2011, Heifer Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Watala (Keluarga Pecinta Alam) Bandar Lampung memfasilitasi Sekolah Lapang Pertanian Organik tanaman petani anggota Gapoktan Hulu Hilir di Desa Gunung Terang.

Lahan yang dikelola secara organik memiliki produktifitas yang lebih besar, sehingga hasil tersebut mampu mendorong dan memotivasi petani lain untuk melakukan pengolahan secara organik karena biaya produksi lebih rendah dan harga lebih baik karena Gapoktan Hulu Hilir membeli produk kopi tersebut.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran anggota kelompok tani unrtuk berbudidaya secara organik, beberapa pihak baik dari swasta maupun pemerintah mendorong Gapoktan Hulu Hilir untuk mengolah hasil panen anggotanya kelompoknya dari biji kopi menjadi kopi roaster dan kopi bubuk.

Tahun 2006 gapoktan memulai usaha pengolahan kopi dengan cara sederhana dan tradisional tanpa mengurangi kualitas organoleptik kopi bubuknya yang dikenal dengan merk dagang KOPI ORGANIK.

Seiring dengan permintaan konsumen yang semakin meningkat sedangkan perlengkapan kurang memadai, Gapoktan Hulu Hilir mendapat bantuan Unit Pengolahan Hasil (UPH) kopi oleh pemerintah melalui anggaran APBN 2009.

Dimulai secara intensif pemanfaatan UPH telah mampu memproduksi 100-200 kg kopi setiap minggunya, dan terus bertambah prodiktivitasnya secara kontinyu mencapai 250-300 kg kopi per minggunya.

IDENTITAS PELAKU USAHA :

Nama Pelaku Usaha   : Gapoktan Hulu Hilir

Alamat                     :  Jl. Air Hitam No.65 Galur Gunung Terang Kec. Air Hitam Kab. Lampung Barat

Produk                     :   Olahan Kopi Bubuk

Pemasaran               : Pasar Tradisional dan Outlet

Email                       : [email protected]

Pimpinan                  : Suparyoto (0858 4022 0077) (adv)

sumber : Ditjen PPHP Kementerian Pertanian
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement