Sabtu 01 Dec 2012 14:35 WIB

Perbaikan Trans Sulawesi Majene Didesak Dipercepat

Antara
Antara

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Gubernur Sulawesi Barat, Anwar Adnan Saleh meminta agar perbaikan jalan dijalur trans sulawesi Kabupaten Majene dipercepat.

"Perbaikan jalan trans sulawesi di Kabupaten Majene yang dilaksanakan Balai Besar Pembangunan Jalan Sulawesi (BBPJN) mesti dipercepat, agar ekonomi masyarakat tidak terhambat," kata Gubernur Sulbar di Mamuju, Sabtu (1/12).

Ia mengatakan, perbaikan jalan di Kabupaten Majene yang menghubungkan dengan Kota Mamuju ibu kota Provinsi Sulbar sepanjang 144 kilometer, cukup menghambat aktivitas ekonomi masyarakat karena menjadi tidak lancar.

"Kondisi jalan yang rusak dan diperbaiki menyita waktu perjalanan masyarakat yang melakukan aktivitas ekonomi, sehingga perbaikan jalan di Majene harus secepatnya diselesaikan kontraktornya, karena menghambat ekonomi daerah," tuturnya.

Gubernur mengatakan, selain di Kabupaten Majene yang jalannya mengalami kerusakan, sejumlah jalan trans sulawesi di sejumlah Kabupaten pada lintas barat Provinsi Sulbar sudah mulus dilalui masyarakat seperti jalan di Mamuju, Mamuju Utara dan Kabupaten Polman.

"90 persen jalan di lintas barat pulau sulawesi di Provinsi Sulbar ini sudah mulus dilalui masyarakat melakukan aktivitas ekonomi, kondisi jalan yang mulus itu modal melaksanakan pembangunan ke depan," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah akan fokus membangun infrastruktur jalan di Sulbar karena kondisi jalan di Sulbar sebelum daerah tersebut menjadi Provinsi sangat tidak memadai dan rusak parah sehingga menjadi kendala peningkatan pembangunan.

"Wilayah di Sulbar ini tertinggal dan terisolir sebelum menjadi Provinsi karena jalannya yang tidak memadai sehingga pemerintah di Sulbar bertekad memperbaiki jalan di Sulbar agar lebih mulus dilalui," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah di Sulbar juga akan fokus membangun jalan pada sejumlah Kabupaten di Sulbar yang berada di wilayah pegunungan seperti di Kabupaten Mamasa untuk membuka daerah terisolir di wilayah pegunungan Sulbar.

"Tahun ini pemerintah pusat mengalokasikan anggaran sekitar Rp370 miliar membangun jalan menuju Mamasa, untuk mendukung peningkatan pembangunan ekonomi daerah itu," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement