Kamis 29 Nov 2012 21:30 WIB

Jokowi akan Bagikan Kartu Jakarta Pintar 1 Desember

Rep: Rachmita Virdani/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Jokowi membagikan Kartu Jakarta Sehat ke Warga DKI
Foto: Republika/Adhi W
Jokowi membagikan Kartu Jakarta Sehat ke Warga DKI

REPUBLIKA.CO.ID, KEBON SIRIH--Pada 1 Desember mendatang Pemprov DKI akan membagikan tiga ribu Kartu Jakarta Pintar kepada para pelajar di DKI Jakarta di lima wilayah DKI Jakarta.

Kartu yang akan dibagikan di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat ini diperuntukkan bagi 3.008 siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, dalam pembagian kartu pintar ini dirinya akan turun langsung sama seperti pembagian Kartu Jakarta Sehat.

“Nanti hari Sabtu, tanggal 1 Desember saya akan bagikan Kartu Jakarta Pintar. Yang akan saya bagikan ya sekitar 3 ribuan lebih lah,” katanya di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis (29/11).

Dalam pembagian awal, kata Jokowi, akan dilakukan hampir sama dengan pembagian Kartu Jakarta Sehat beberapa waktu lalu. Yakni, Jokowi akan mengunjungi sekolah di kampung-kampung, lalu membagikannya langsung kepada para siswa. Namun ia belum bisa menyebutkan sekolah mana yang akan ia datangi saat pembagian Kartu Jakarta Pintar.

"Pembagiannya sama seperti Kartu Jakarta Sehat yaitu dari pintu ke pintu, atau dari rumah ke rumah, jadi bisa bertemu langsung dengan keluarga pelajar. Tujuannya untuk memberikan jaminan kepada orangtua murid,  biaya pendidikan di Jakarta gratis,"jelasnya.

Selain itu nanti juga ada beberapa keluarga pelajar yang akan dikumpulkan kemudian baru dibagikan Kartu Jakarta Pintar. Ia pun menegaskan pembagian akan dilakukan di sekolah-sekolah yang berada di beberapa kampung di Jakarta.

Terkait lokasi, Jokowi enggan untuk membocorkannya. Dia hanya memastikan Kartu Jakarta Pintar akan dibagikan secara merata di lima wilayah. “Kemarin ada usulan, biasanya kalau ada usulan, saya langsung cek ke lapangan. Jangan nanti saya setujui, ternyata di lapangannya berbeda, itu tidak bagus. Lokasinya kalau nggak di Jakarta Utara, ya Barat, Timur, Selatan, Pusat, semuanya,” paparnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement