Rabu 28 Nov 2012 21:17 WIB

Duh, Gajah Ini Mati Gara-gara Kesetrum

Rep: eko widiyanto/ Red: Endah Hapsari
Gajah sumatra tewas/ilustrasi
Foto: ANTARA/Irwansyah Putra
Gajah sumatra tewas/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARNEGARA---Gara-gara kesetrum, seekor gajah di Taman Rekreasi Margasatwa atau kebun binatang Serulingmas (TRMS) di Kota Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (8/11)

''Gajah tersebut mati tersengat arus listrik, ketika dilakukan perbaikan kandang dengan menggunakan mesin las,'' kata Imam (38 tahun), warga Kelurahan Semampir Kabupaten Banjarnegara, yang kebetulan menyaksikan kejadian itu.

Menurutnya, saat itu gajah tersebut menginjak kabel listrik yang digunakan oleh pekerja las untuk mengelas kandang yang terbuat dari besi. ''Sebenarnya, pekerja mesin lasnya sedang istirahat. Namun kabel dari stop kontak tidak dilepas, sehingga ketika gajah menginjak kabel tersebut, langsung kesetrum,'' katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara, Aziz Ahmad, menyebutkan, hasil pemeriksaan yang dilakukan petugas kesehatan satwa kebun binatang tersebut, dipastikan bahwa gajah tersebut mati akibat tersengat listrik yang sedang dipakai pekerja kandang melakukan renovasi.

''Kejadian tersebut diduga akibat kelalaian pemborong yang menggunakan listrik TRMS tanpa izin dan tidak melepas listrik lagi,'' jelasnya.

Kejadian matinya gajah di kebun binatang ini, sudah merupakan yang kedua kalinya. Pada tahun pada 2010 silam, seorang gajah koleksi di kebun binatang itu juga mati karena keracunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement