Selasa 27 Nov 2012 22:09 WIB

Bursa Kerja Online Sudah Menjangkau 404 Kabupaten/Kota

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: M Irwan Ariefyanto
Bursa Tenaga Kerja/ilustrasi
Foto: ANTARA
Bursa Tenaga Kerja/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah berhasil mengoperasikan Bursa Kerja Online (BKOL) yang terintegrasi  di 33 provinsi di seluruh Indonesia. Bahkan sistem  BKOL yang tersambung langsung dengan teknologi internet ini telah menjangkau 404 Kabupaten/Kota.

 

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan Bursa Kerja On-Line dibangun untuk menjembatani para pencari kerja dan pengguna tenaga kerja guna mempermudah proses rekrutmen, mulai dari tahap penyebaran informasi sampai tahap penerimaan tenaga kerja. “Keberadaan  Bursa Kerja On-Line ini untuk memfasilitasi para pencari kerja, “kata Menakertrans Muhaimin Iskandar, Selasa ( 27/11).

Para pencari kerja dan perusahaan yang butuh pekerja pun bisa mengakses ke situs www.infokerja.depnakertrans.go.id untuk mencari daftar lowongan perkerjaan yang tersedia. “ Dengan adanya bursa kerja online diharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi yang benar tentang berbagai lowongan kerja yang tersedia. Sebaliknyabagi perusahaan bisa mendapatkan calon-calon pekerja yang berkualitas dan sesuai dengan fungsi jabatan yang dibutuhkan, “ kata Muhaimin.

Sehari sebelumnya, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemnakertrans) meluncurkan pelayanan surat izin pengerahan (SIP) tenaga kerja Indonesia (TKI) secara online dan  pusat  BKOL di kantor Kemnakertrans Jl Gatot Subroto Kav 51 Jakarta Selatan.

 

Peresmian pelayanan SIP dan BK Online dilakukan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnakertrans Muchtar Lutfie didampingi Direktur Jenderal (Dirjen) Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenaketrans,

Sekjen Kemnakertrans Muchtar Lutfie mengatakan, peluncuran SIP dan BK Online ini terkait upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Apalagi pelayanan ini dihadirkan bertujuan untuk mengurangi penggangguran dan kemisikinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara umum, khususnya tenaga kerja. "Pelayanan ini merupakan bagian dari pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) di Kemnakertrans. Selama ini Kemnakertrans melibatkan masyarakat dalam setiap proses pengambilan keputusan, terutama terkait kebijakan yang menyangkut kepentingan publik. Pelayanan ini merupakan upaya untuk mewujudakan transparansi serta akuntabilitas Kemnakertrans," katanya di sela acara peluncuran pelayanan SIP dan BK Online tersebut.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat perlu diakomodasi dengan cara memberikan pelayanan yang cepat dan mudah. Sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut, Kemnakertrans membuka loket/gerai pelayanan khusus. Ini sekaligus merupakan bentuk fasilitasi Kemnakertrans untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan penyebarluasan informasi pasar kerja.

“ Sekarang saatnya para dinas-dinas tenaga kerja di seluruh Indonesia untuk memanfaatkan fasilitas SIP dan bursa kerja online. Tak hanya itu, perusahaan pun bisa menawarkan lowongan pekerjaan dan bahkan masyarakat  yang butuh kartu kuning pun bisa memanfaatkannya, kata Muchtar. (adv)

sumber : Kemenakertrans
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement