Jumat 23 Nov 2012 20:16 WIB

Soal Anggaran Kemenhan, Menkeu Siap Buka-bukaan

Rep: A. Syalaby Ichsan/ Red: Djibril Muhammad
Menteri Keuangan Agus Martowardoyo
Foto: Yudhi Mahatma/Antara
Menteri Keuangan Agus Martowardoyo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Keuangan, Agus D. W Martowardojo, menjelaskan Kementerian Pertahanan paling tahu anggaran dana optimalisasi yang masih dibintangi Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Oleh karena itu, jika ingin mengetahui tentang proyek yang ada dalam anggaran tersebut, sebaiknya ditanyakan langsung ke Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

"Kalau tanya, sebaiknya ke Kemenhan karena mereka yang paling tahu ini barang apa dan apa yang akan dilakukan," jelas Agus di kantor kementerian keuangan, Jakarta, Jumat (23/11). 

Agus menjelaskan pemblokiran anggaran tersebut memang masih dilakukan pihaknya. Pasalnya, Kemenhan belum melakukan klarifikasi terkait polemik yang muncul selama ini.

Menurutnya, Kemenkeu mencairkan anggaran dengan sistem dan prosedur yang sudah ditetapkan. Di antaranya, yakni proses procurement, pengadaan dan dokumen dan data dukung yang diajukan. "Kalau data dukungnya nggak betul ya nggak bisa," jelasnya.

Lebih lanjut, Agus menegaskan bakal bersikap transparan jika Kemenhan tidak juga memberi penjelasan. Bahkan, Agus mengungkapkan bakal membuka proyek tersebut jika tidak ada penjelasan dari Kemenhan. "Kalau tetap tidak jelas akan kita keluarkan," ujarnya.

Agus mengaku masih banyak Kementerian atau Lembaga lain yang realisasi anggarannya belum sesuai target. Pasalnya, tutur Agus, K/L tersebut tidak melengkapi pengajuan anggaran dengan perencanaan dan data dukung yang baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement