Kamis 22 Nov 2012 22:02 WIB

Basuki: Jakarta akan Bebas Kampung Kumuh 2020

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Foto: Republika/Adhi W
Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bercita-cita untuk mewujudkan Jakarta yang bebas dari kampung kumuh pada 2020 mendatang. "Kita ingin tahun 2020, Jakarta bebas kampung kumuh," kata Wakil Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama kepada wartawan di Balaikota, Kamis (22/11) malam.

Basuki mengatakan, Pemprov DKI akan meminta kerja sama dengan Real Estate Indonesia (REI) untuk merealisasikan program Jakarta bebas kampung kumuh tersebut. "Anda (REI) harus kerja sama dengan DKI. Kalau kerja sama dengan kita pun jadi tahu mana lahan yang bisa dan tidak bisa Anda beli. Kalau nggak bisa beli, ya kami yang beli," ujarnya.

Basuki menegaskan, pihaknya nantinya akan bekerja sama dengan pihak swasta untuk mengadakan fasilitas perumahan untuk mengubah wajah Jakarta. "Kawasan kumuh di Jakarta akan diubah. Sekitar 40 persen akan diubah menjadi ruang terbuka hijau. Sisanya 60 persen akan dibangun apartemen sederhana terpadu. Ini konsep pembangunan yang akan disiapkan," katanya menegaskan.

Dengan pihak pengembang, lanjut Basuki, Pemprov DKI akan menjalin kerja sama membangun apartemen sederhana serta meminta pihak pengembang untuk membangun taman. "Semua orang harus kerja sama dong, nah kerja samanya dalam bentuk apa dulu? Kalau kongkalikong ambil fasos fasum ya nggak boleh," tambahnya. 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement