Senin 19 Nov 2012 23:38 WIB

Wah, Mantan Menteri Ini Siap Jadi Cagub Riau, Siapa Ya?

PKB
PKB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal Lukman Edy siap tampil sebagai calon gubernur pada pemilukada Provinsi Riau, September 2013.

"Saya pastikan akan maju sebagai calon gubernur Riau periode 2013-2018," kata Lukman Edy di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (Sekjen DPP PKB) ini menegaskan keinginannya untuk tampil sebagai calon gubernur Riau sudah mendapat persetujuan dari DPP PKB.

Lukman Edy saat ini masih menunggu persyaratan "elektoral treshold" yakni mendapat dukungan minimal 15 persen atau sembilan kursi DPRD Riau.

"Persyaratan ini hampir terpenuhi, karena jumlah kursi PKB di DPRD Riau ada enam kursi. PKB sedang melakukan lobi untuk mencari tambahan tiga kursi lagi," katanya.

Lukman memperkirakan, pembicaraan antara PKB dengan partai politik lain untuk tambahan tiga kursi atau lebih sudah selesai pada akhir Nopember ini.

Jika sudah ada kesepakatan antara PKB dengan partai politik lain yang akan mendukungnya, pada akhir November atau awal Desember 2012, menurut dia, PKB dan parpol lain pendukungnya, siap mendeklarasikan dirinya sebagai calon gubernur Riau beserta pasangannya sebagai calon wakil gubernur Riau.

Namun Lukman enggan menyebutkan parpol apa yang akan digandeng PKB untuk mengusung sebagai calon gubernur Riau.

Menghadapi persiapan tersebut, Lukman juga saat ini sedang mempersiapkan pembentukan tim pemenangan di tingkat kabupaten dan kota hinga ke tingkat kecamatan.

"Saat ini saya sedang melakukan pembentukan tim pemenangan di tingkat kecamatan. Mereka akan hadir pada saat deklarasi. Saya perkirakan ada sekitar 4.500 orang yang akan hadir pada deklarasi di Pekanbaru," katanya.

Sedangkan pembentukan tim pemenangan tingkat desa, menurut dia, akan dilakukan setelah deklarasi.

Anggota Komisi VI DPR RI ini menjelaskan, keinginannya tampil sebagai calon gubernur Riau karena ingin mengubah arah pembangunan di provinsi tersebut agar lebih berorientasi pada kerakyatan.

Pemilukada Provinsi Riau dijadwalkan akan diselenggarakan pada September 2013, sedangkan proses tahapan pemilukada dilakukan KPUD Provinsi Riau mulai Maret 2013.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement