Senin 19 Nov 2012 18:18 WIB

Populasi Badak Sumatera Kritis Punah

Rep: Esthi Maharani/ Red: Hazliansyah
Badak Sumatera
Badak Sumatera

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Lingkungan Hidup, Balthasar Kambuaya mengemukakan alasan Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis) sebagai Satwa Nasional 2012. Ia mengatakan kondisi yang memprihatinkan terjadi pada populasi Badak Sumatera.

"Berdasarkan data dari International Union for Conservation of Nature (IUNC) populasi Badak Sumatera berada dalam 'kritis punah' atau kategori paling tinggi resikonya untuk punah," katanya, Senin (19/11).

Ia mengatakan, populasi Badak dewasa yang ada di seluruh dunia saat ini kurang dari 250 ekor. Populasi ini diperkirakan akan berkurang 25 persen dalan masa satu generasi ke depan. Panjang satu generasi sekitar 20 tahun.

Saat ini, Badak Sumatera diketahui hanya hidup di Sumatera yaitu di Way Kambas, Taman Nasional Leusser, Bukit Barisan Selatan, dan Taman Nasional Kerinci-Seblat.

Keberadaan Badak menjadi sangat terdesak dikarenakan adanya keterbatasan ruang akibat alih fungsi lahan dan kondisi lingkungan yang kurang mendukung kehidupannya.

"Kelahiran 'Andatu' (bayi Badak) di Taman Nasional Way Kambas, menjadi momentum penyelamatan Badak Sumatera. Ini membuktikan bahwa Indonesia mampu menyelamatkan populasi Badak yang semakin punah," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement