Ahad 18 Nov 2012 17:36 WIB

Hujan Merata, Katulampa Siaga 3

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Dewi Mardiani
Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur
Bendung Katulampa, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Hujan yang tak kunjung usai dan merata hampir di semua wilayah Bogor terjadi sejak siang, Ahad (18/11). Daerah Puncak bahkan sudah mulai diguyur hujan sejak pukul 10.00 WIB pagi tadi.

Kondisi hujan merata di Puncak ini menyebabkan ketinggian air di Bendungan Katulampa, Ciawi, Bogor, naik hingga 100 sentimeter yang artinya kondisi Siaga 3. "Ketinggian air sudah naik sejak pukul 15.30 WIB tadi dan sampai sekarang belum turun," ujar Andi Sudirman, Kepala Penjaga Bendung Katulampa, Ahad sore.

Ia memprediksi, kondisi akan bertahan di Siaga 3. Namun, jika hujan masih mengguyur kawasan Puncak hingga malam, ia mengatakan kemungkinan ketinggian air akan naik dan itu artinya air ini akan mengalir ke Jakarta.

Sementara, beberapa daerah di Jakarta pun diguyur hujan sejak pagi tadi, sama seperti Depok dan sekitarnya. Kondisi hujan merata ini akan meningkatkan debit air di pintu air Manggarai yang merupakan muara Katulampa.

Andi mengatakan, ia bersama enam orang petugas Bendung Katulampa tetap siaga memonitor kenaikan air. "Kami juga berkomunikasi dengan petugas di pintu air Depok dan Manggarai," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement