Jumat 16 Nov 2012 23:34 WIB

Kendaraan ke Puncak Meningkat

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: M Irwan Ariefyanto
Ratusan kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Puncak Cisarua, Bogor, Jawa Barat.
Foto: Antara/Jafkhairi
Ratusan kendaraan terjebak kemacetan di kawasan Puncak Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID,BOGOR -- Volume kendaraan menuju Puncak, Bogor, meningkat 100 persen dari hari biasa. Peningkatan terjadi menyusul libur panjang, Jumat (16/11) hingga Ahad (18/11). "Volume kendaraan menuju Puncak meningkat dua kali lipat," ujar Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor AKP Edwin Afandi, Jumat (16/11).

Kendaraan didominasi pelat B (Jakarta) yang memadati jalan ke Puncak saat pagi hari. Sore hari, kendaraan memadati jalan arah turun ke Ciawi, Bogor. "Untuk yang tujuannya berwisata, saat pagi trennya keberangkatan dan sore tren pulang," ujar Edwin. Namun, karena long weekend banyak yang beraktivitas saat siang dan malam.

Polres Bogor dan Polsek sekitar Puncak mengerahkan 230 personel untuk mengatur arus lalu lintas. Mereka ditempatkan di beberapa lokasi rawan macet, seperti di Simpang Gadog, Megamendung, Taman Wisata Matahari, Pasar Cisarua, Simpang Taman Safari Indonesia, dan Masjid At-taawun.

Meningkatnya volume kendaraan menuju Puncak menimbulkan kemacetan yang signifikan dibandingkan hari biasa. Kondisi seperti ini membuat Polres Bogor memberlakukan satu arah secara kondisional. "One way diberlakukan bergantung situasi di jalan," ujar Edwin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement