Kamis 15 Nov 2012 08:29 WIB

Macan Kumbang Teror Binatang Peliharaan Warga

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Hazliansyah
Macan Kumbang
Macan Kumbang

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Sejumlah peternak kambing di Kampung Jeungjing, Desa Cikurutug, Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi beberapa hari terakhir ini resah. Hewan peliharaan mereka mati diduga dimakan binatang buas sejenis macang kumbang yang turun gunung.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, peristiwa matinya beberapa ekor kambing terjadi sejak Ahad (11/11) lalu. Di mana ada beberapa ekor kambing mati dengan luka seperti dimakan binatang buas.

"Terakhir, seekor kambing mati dengan luka yang sama pada Rabu (15/11) siang," ujar Kapolsek Cireunghas, Iptu Ma’ruf, kepada wartawan, Kamis (15/11).

Kambing tersebut mengalami luka-luka pada bagian perut dan sudah diseret jauh dari kandangnya.

Diterangkan Ma’ruf, lokasi kandang kambing memang berada dekat dengan kawasan hutan. Sehingga dimungkinkan ada binatang buas seperti macan yang memangsa hewan ternak milik warga. Terlebih, kata Ma’ruf, sejumlah warga sempat melihat ada binatang yang meloncat dari pagar di sekitar kandang.

Warga menduga binatang tersebut merupakan sejenis macan kumbang.

Ma'ruf mengatakan, aparat kepolisian kini telah menjalin koordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA). Upaya ini untuk mengatasi permasalahan dugaan adanya binatang buas yang berkeliaran di sekitar permukiman warga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement