Rabu 14 Nov 2012 21:45 WIB

KontraS Raih Penghargaan HAM dari Kedutaan Argentina

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Koordinator Kontras, Haris Azhar (kiri).  (Foto : Edwin Dwi Putranto/Republika)
Koordinator Kontras, Haris Azhar (kiri). (Foto : Edwin Dwi Putranto/Republika)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menerima penghargaan Emilio F Mignone dari Argentina pada 2013 mendatang. Penghargaan ini diberikan Kedutaan Argentina kepada KontraS karena telah memberikan perlindungan hak asasi kemanusian.

Penghargaan Emilio F Mignone mulai diberikan oleh Argentina sejak 2007 kepada institusi yang telah memberikan perlindungan kemanusian di masing-masing negara terhadap tindak kekerasan hak asasi manusia.

Pemberian penghargaan ini diberikan setelah dilakukan nominasi dan pemilihan kandidat yang diajukan oleh masing-masing organisasi kemanusian.

Haris Azhar, Koordinator KontraS mengatakan bahwa penghargaan ini sangat bermakna karena menjadi pengakuan dan motivasi bagi organisasi untuk tetap memperjuangkan kasus-kasus pelanggaran HAM.

Indonesia, imbuhnya, sudah mengalami kemajuan dalam perlindungan Hak Asasi Manusia, namun masih ada kasus-kasus yang belum diselesaikan.

"Kami bangga atas pemberian penghargaan ini dari pemerintah Argentina karena negara ini telah bertahun-tahun telah memperjuangkan hak asasi manusia. Saya pikir pengalaman Argentina adalah pelajaran edukatif bagi kita semua," ungkapnya, Rabu (14/11).

Dalam pemberian penghargaan ini, turut juga hadir para keluarga korban tindak kekerasan Hak Asasi Manusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement