Senin 12 Nov 2012 17:55 WIB

Iis Dahlia Belum Tahu Soal Pemerkosaan TKW

Rep: Umi Lailatul/ Red: Hazliansyah
Iis Dahlia
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Iis Dahlia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Seorang TKW asal Indonesia diperkosa oleh tiga orang polisi Diraja Malaysia. Iis Dahlia yang empat bulan lalu diangkat sebagai Duta Tenaga Kerja Indonesia (TKI) oleh Kementerian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Kemenakertrans) mengaku belum tahu kasus tersebut.

"Saya belum mengetahui kasus itu. Kebetulan kemarin lagi di luar dan belum sempat membaca beritanya,'' kata dia saat dihubungi ROL, Senin (12/11).

Seperti diketahui, kasus pemerkosaan menimpa tenaga kerja wanita asal Indonesia di Malaysia. Kasus tersebut terjadi pada Jumat (9/11) sekitar pukul 06.00 waktu setempat.

Kejadian bermula saat seorang polisi menghentikan taksi yang dinaiki korban. Ketika diminta memperlihatkan dokumen resmi, korban hanya memberikan fotokopi paspor. Namun polisi TKI tersebut kemudian meminta sejumlah uang.

Karena tidak mempunyai uang, korban dibawa ke kantor polisi di Bukit Mertajam, Penang, Malaysia. Selanjutnya korban mendapat pelecehan seksual oleh tiga polisi di sana.

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Moh Jumhur Hidayat mengutuk tindakan tersebut.

Ia menegaskan pemerintah Malaysia perlu mendidik ulang aparat kepolisiaannya karena semakin banyak yang bertindak liar sekaligus tidak beradab dalam menghadapi para TKI di negara tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement