Kamis 08 Nov 2012 10:17 WIB

Warga Poso Temukan Bom di Belakang Rumahnya

Bom rakitan, ilustrasi
Bom rakitan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Warga Poso Pesisir kembali dikejutkan dengan penemuan sebuah bom berdaya ledak rendah di belakang rumah warga Desa Lanto Jaya, Kecamatan Poso Pesisir, sekitar tujuh kilometer utara Kota Poso, Sulawesi Tengah, pada Kamis pagi sekitar pukul 07.00 WITA.

Yunita, pemilik rumah, menuturkan ketika hendak menyapu halaman di sekitar rumah dia melihat benda terbungkus tas plastik hitam di sudut belakang rumah. "Karena curiga dengan benda itu, saya kemudian melaporkan hal itu kepada polisi," ujarnya.

Tim Gegana Brimob Kepolisian Daerah kemudian datang ke lokasi dan mengamankan benda yang kemudian diketahui sebagai bom berdaya ledak rendah.

Tim gegana kemudian meledakkan bom tersebut dan menemukan bom tersebut serupa dengan belasan bom yang ditemukan di Gunung Biru Tamanjeka, kamp pelatihan militer kelompok yang diduga terkait jaringan terorisme.

Bahan bom itu diduga berupa pupuk urea dan di dalamnya ditemukan benda mirip telepon genggam.

Saat ini sebuah tim dari Polres Poso yang dipimpin Kepala Satuan Reserse Kriminal AKP Fadli Agus sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP).

Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Brigjen Pol Dewa Parsana yang dihubungi secara terpisah di Poso membenarkan penemuan bom tersebut.

Menurut dia, kepolisian berencana memaparkan sejumlah barang bukti hasil operasi penegakkan hukum terkait aksi terorisme di Poso pada Kamis pagi namun masih ditunda untuk menunggu perkembangan baru hasil operasi yang masih berlangsung di Gunung Biru.

"Kemungkinan ada perkembangan baru hasil operasi di sana (Gunung Biru), jadi gelar barang bukti hasil operasi penegakkan hukum kami tunda dulu," katanya.

Personel Polri dan TNI sedang melakukan operasi di Gunung Biru sejak Selasa (6/11) untuk mensterilkan wilayah itu dari sebaran bom jebakan (ranjau) agar masyarakat leluasa beraktivitas di kebun serta mengejar pelaku teror yang diduga masih bersembunyi.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement