Rabu 07 Nov 2012 09:16 WIB

PDIP: Sekarang Bung Karno Pahlawan Nasional

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Hafidz Muftisany
Ketua Fraksi PDIP, Puan Maharani
Foto: Antara
Ketua Fraksi PDIP, Puan Maharani

REPUBLIKA.CO.ID,   JAKARTA-- PDIP Mengaku senang atas pemberian gelar pahlawan pada Soekarno dan Hatta. Sebab, hal itu semakin mengukuhkan jasa Presiden pertama tersebut.

Selain itu, pemberian gelar yang akan dilaksanakan hari ini, Rabu (7/11) tersebut mengakhiri perdebatan panjang tentang apakah Bung Karno Pahlawan Proklamator atau Pahlawan Nasional. Sekaligus sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan atas jasa Sang Proklamator Bung Karno terhadap negara dan bangsa Indonesia.

 

“PDI Perjuangan sebagai Partai yang mengusung pemikiran-pemikiran Bung Karno, kami bersyukur akhirnya keraguan tentang status Pahlawan Nasional Bung Karno yang selama ini ada sudah hilang. Pemberian gelar Pahlawan Nasional ini adalah salah satu pengakuan nyata terhadap jasa dan pengorbanan beliau untuk negara dan bangsa Indonesia” ujar Ketua Bidang Politik dan Hubungan Antar Lembaga DPP PDI Perjuangan Puan Maharani dalam siaran rilisnya, Rabu (7/11).

 

Pasalnya, selama ini ada perdebatan di masyarakat tentang apakah Bung Karno bisa disebut sebagai Pahlawan Nasional menurut UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan.

Terutama kerancuan apakah gelar Pahlawan Proklamator terhadap dwi-tunggal Soekarno-Hatta juga dapat dipahami bahwa Bung Karno adalah Pahlawan Nasional. Tapi, dengan akan diberikannya gelar Pahlawan Nasional kepada Bung Karno maka kerancuan dan keraguan itu sudah hilang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement