Selasa 06 Nov 2012 19:50 WIB

Kemendagri Petakan Daerah Rawan Konflik

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Dewi Mardiani
Gamawan Fauzi
Foto: Antara/Yudhi Mahatma
Gamawan Fauzi

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sedang melakukan pemetaan dan pendataan wilayah konflik di Indonesia. Pemetaan ini untuk mengetahui potensi dan penyebab konflik etnis dan horizontal.

"Saya sudah minta kepada Kesbangpol untuk melakukan pendataan, apa penyebab terjadinya konflik dan apa saja potensi yang menyebabkan terjadinya konflik," kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, saat mengunjungi Provinsi Lampung, terkait konflik etnik Lampung Selatan, Selatan (6/11).

 

Mendagri mencontohkan yang terjadi di Lampung, selama ini sudah berapa kali terjadi konflik, apa penyebabnya dan itu akan dilakukan identifikasi masalah. Sebab, kata dia, yang perlu diketahui bahwa tidak semua wilayah di Lampung berpotensi konflik, mungkin hanya beberapa kecamatan saja.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan instansi lain seperti Kementerian Sosial yang memliki program kerukunan sosial. Program ini mesti bersama-sama dijalankan baik oleh pemerintah daerah dan pusat. "Bahkan perguruan tinggi juga bisa dilibatkan, sehingga potensi konflik yang akan terjadi bisa diketahui sejak awal," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement