Sabtu 03 Nov 2012 15:16 WIB

Presiden SBY Diminta Tegas Sikapi Hambalang

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Karta Raharja Ucu
Pidato Presiden SBY di Sidang Umum PBB
Foto: AP Photo
Pidato Presiden SBY di Sidang Umum PBB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat politik, Burhanuddin Muhtadi Meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) segera melakukan langkah radikal dalam proyek P3SON Hambalang.

Sebab, proyek ini akan menguji kompetensinya sebagai presiden dan berpengaruh pada elektoral Partai Demokrat pada Pemilu 2014. Hal ini dikarenakan adanya hubungan kuat politikus Demokrat dalam kasus Hambalang ini.

Sebut saja Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Mallarangeng yang saat ini diduga sedang melakukan 'pembiaran' dalam audit tahap I Hambalang. "Jika terus dibiarkan, pemerintahan dan Demokrat tidak akan dapat bertahan hingga 2014 nanti. Karena itu Presiden harus secepatnya bertindak," ujarnya di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (3/11).

Menurutnya, secara tidak langsung hasil audit proyek Hambalang oleh BPK akan merugikan Demokrat dari segi politis sebagai parpol yang dicap bermain proyek. Hal ini ditandai dengan keterlibatan Andi dalam proyek ini yang kemungkinan juga akan dapat menyeret kader Demokrat lainnya.

"Ini tidak wajar jika ada menteri yang tidak mengetahui proyek triliunan rupiah. Bahkan anggaran hanya ditandatangani oleh Sekretaris Menteri Pemuda dan Olah Raga," telaah Burhan.

Ia berharap kasus ini bisa segera diselesaikan agar tak ada politisasi. Jangan sampai, masih kata Burhan, korupsi Hambalang kehilangan substansinya. "Proyek ini harus segera selesai," tegasnya mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement